You are what you think. Do the best with your power. belive that God always in your side. Just pray, and God belong bless you. Just be strong and be sure, yes you can ^^
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 20 November 2012

Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah hubungan antara koputer dalam satu jaringan komputer atas dasar kegunaan dan fungsi dan juga biaya.

sederhananya, Topologi jaringan adalah gambaran dari beberapa komputer yang terhubung dalam dengan peralatan jaringan dalam jaringan komputer. Topologi dibagi menjadi dua, yaitu, Topologi secara fisik dan secara logika. Topologi secara fisik adalah susunan dari kabel, komputer dan lokasi dari semua komponen-komponen jaringan komputer. Dan Topologi secara logika yaitu, menetapkan bagaimana informasi atau aliran data dalam jaringan komputer.
Beberapa jenis Topologi yang umum digunakan yaitu;
  1. Topologi Bus : Topologi bus ini sering juga disebut sebagai topologi backbone, dimana ada sebuah kabel coaxial yang dibentangkan kemudian beberapa komputer dihubungkan pada kabel tersebut.
  2.  Topologi Ring : disebut topologi ring karena bentuknya seperti cincing yang melingkar. Semua komputer dalam jaringan akan di hubungkan pada sebuah cincin. Cincin ini hampir sama fungsinya dengan concenrator pada topologi star yang menjadi pusat berkumpulnya ujung kabel dari setiap komputer yang terhubung.
  3. Topologi Star : Disebut topologi star karena bentuknya seperti bintang, sebuah alat yang disebut concentrator bisa berupa hub atau switch menjadi pusat, dimana semua komputer dalam jaringan dihubungkan ke concentrator ini.
  4. Topologi Tree : Topologi pohon adalah pengembangan atau generalisasi topologi bus. Media transmisi merupakan satu kabel yang bercabang namun loop tidak tertutup.

  5. Topologi Mesh : topologi yang tidak memiliki aturan dalam koneksi. Karena tidak teratur maka kegagalan komunikasi menjadi sulit dideteksi, dan ada kemungkinan boros dalam pemakaian media transmisi. setiap perangkat Setiap prrangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar